7 Hewan Ini Ternyata Sering Mati Suri, Alasannya Beragam

Gak cuma manusia bisa mati suri

Para ekologis meminjam istilah "Lazarus" untuk mendeskripsikan spesies apapun yang ditemukan ulang saat disangka ia telah punah dalam waktu lama. Alhi paleontologi juga mengambil istilah ini. Banyak peneliti juga menggunakan kata "mati suri" untuk menggambarkan keadaan tersebut.

Seperti saat mereka menggambarkan 7 hewan hebat berikut yang bahkan telah diperkirakan punah ratusan juta tahun lamanya. Ada yang dari Indonesia juga lho! Apa saja? Cek di sini ya!

1. Katak bercorak terang

7 Hewan Ini Ternyata Sering Mati Suri, Alasannya Beragamreptiles.wikia.com

Amfibi yang indah ini termasuk dalam kategori keluarga hewan "katak harlequin". Atelopus ebenoides marinkellei hanya bisa ditemukan di daerah terpencil Kolombia dan para ahli biologi konservasi berpikir bahwa wabah penyakit jamur chytridiomycosis sempat memusnahkan mereka.

Bahkan hewan terakhir yang diketahui hidup itu ada pada tahun1995. Namun, setelah dilakukan pencarian intensif, spesies ini ditemukan lagi di tahun 2006. Walaupun bertahan, ternyata jumlahnya gak banyak dan International Union for Conservation of Nature (IUCN) mendaftarkan mereka sebagai hewan yang "sangat terancam punah".

2. Pygmy Possum Gunung

Makhluk mungil ini mungkin adalah hewan terlucu di daftar ini. Secara biologis dikenal dengan nama Burramys parvus, marsupial berukuran tikus kecil ini bisa ditemukan di daerah pegunungan Australia Tenggara. Mereka suka berkeliaran di malam hari.

3. Coelacanths

7 Hewan Ini Ternyata Sering Mati Suri, Alasannya Beragamen.wikipedia.org

Ditetapkan sebagai salah satu jenis ikan langka, mereka punya garis keturunan kuno yang berasal dari Zaman Devonian, 410 juta tahun yang lalu. Masa itu disebut "zamannya ikan". Termasuk anggota dari Sarcopterygii clade (kelompok keluarga biologis), mereka ada banyak sebelumnya tapi mulai musnah sebagian besar.

Awalnya sudah dikira punah, tapi ditemukan kembali di pesisir Afrika Selatan pada tahun 1938. Karena telah bertahan selama lebih dari 400 juta tahun, mereka disebut "fosil hidup". Menakjubkannya, spesies kedua ditemukan di Sulawesi, Indonesia. Mereka juga dikategorikan "sangat terancam punah" karena jumlahnya yang bisa benar-benar dihitung.