TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ternyata, Begini Cara Mesin Penjual Otomatis Deteksi Koin Palsu!

#SainSeru Hayo, gak bisa curang!

npr.org

Mesin penjual otomatis (vending machine) adalah mesin terotomasi yang menyediakanmu berbagai barang seperti camilan, minuman, boneka dan masih banyak lagi. Mesin ini tetap harus memproses pembayaran untuk mengeluarkan produknya agar bisa kamu ambil.

Pembayarannya bisa dengan uang kertas, kartu debit, kartu kredit, kartu member atau uang koin tergantung alatnya. Nah, ternyata kamu gak bisa mencurangi mesin ini dengan menggunakan koin palsu lho.

Kok bisa? Baca penjelasan selengkapnya di sini!

1. Banyak orang berusaha mengakali mesin penjual otomatis untuk mendapatkan produk tanpa membayar, yaitu dengan menggunakan uang atau koin palsu

sfchronicle.com

Teknologi semakin canggih dari hari ke hari. Dulunya mesin penjual otomatis hanya bisa kita lihat dari film-film barat. Mesin ini awalnya ditemukan di Inggris pada tahun 1880 dan dulu menjual berbagai pilihan kartu pos di dalamnya.

Kini, kita sudah bisa merasakan kemudahan dengan adanya mesin ini, karena mesin ini sudah mulai memasuki kota-kota besar di Indonesia. Dengan adanya teknologi baru, tetap saja selalu ada orang-orang yang berusaha mencuranginya.

2. Ada alasannya kamu gak bisa menggunakan koin palsu untuk mesin penjual otomatis dan rahasianya terdapat di dalam sistem sortir uangnya

https://www.youtube.com/embed/0AkcWjB0UBE

Sistem otomasi dan mekanis yang bekerja di dalam mesin penjual otomatis itu gak sesederhana yang kamu kira. Mesin penjual otomatis bisa membedakan mana uang koin asli dan mana yang palsu. Keakuratan seleksi koin di dalam mesin sangatlah tinggi.

Di teknologi terkini, koin yang masuk akan melewati beberapa seleksi, yaitu: sensor cahaya akan mengukur ukuran koin, sepasang plat elektromagnet akan mendeteksi tipe logamnya, pemrosesan informasinya berlangsung selama sepersekian detik dan kemudian disortir berdasarkan nominalnya masing-masing. Sementara koin yang palsu, langsung dikeluarkan menuju jalur pengembalian koin.

Ketika koin tiba di tabung yang sesuai nominalnya, tiap tabung yang baru terisi akan melepaskan satu koin dengan hati-hati agar dijumlah dan bisa kamu gunakan untuk membeli produknya.

Verified Writer

Bayu Dwityo Wicaksono

A Disney dude who wants to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. The story teller in an uncertain gaea. Freelance writer, editor, journo, and creator. Nakama. 🎗🧩

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya