TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apakah Aman Meminum Obat Kedaluwarsa?

Pernahkah kamu gak sengaja telanjur menelan?

mentalfloss.com

Banyak dari kita terbiasa menyimpan obat-obatan untuk keperluan darurat suatu saat nanti. Misalnya saja obat flu, obat diare, obat maag atau obat sakit kepala. Sesering-seringnya kamu terserang sakit tertentu tersebut, meminum obat bukanlah aktivitas rutin. Ketika kamu ingin meminumnya, ternyata kamu melihat tanggal kedaluwarsanya sudah lewat lebih dari 6 bulan. Amankah untuk diminum? Baca selengkapnya di sini ya!

Menurut Gina Bellotie, profesor Farmasi di Thomas Jefferson University di Philadelphia, tanggal kedaluwarsa itu belum tentu jadi sesuatu yang pakem.

aarp.org

Meskipun begitu, menurutnya, lebih baik jangan menenggak obat yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa. Tapi jika terpaksa apakah aman? Jawaban atas pertanyaan tersebut cukup kompleks.

Baca juga: Benarkah Minyak Kemiri Bisa Menebalkan Rambutmu? Ini Penjelasannya!

Tanggal kedaluwarsa obat adalah syarat yang diberikan oleh Food and Drug Administration (FDA) kepada seluruh perusahaan obat.

rx-press.com

Tanggal kedaluwarsa merupakan hasil tes berkali-kali sebelum obat itu diluncurkan ke pasaran. Dengan penyimpanan normal (di dalam temperatur ruangan atau kulkas), para peneliti memeriksanya dari waktu ke waktu terkait kadar manfaatnya dan/atau apakah senyawa kimiawinya sudah hancur. Jadi sampai akhirnya obat tersebut kehilangan kadar manfaatnya atau senyawa kimianya sudah hancur, itulah tanggal kedaluwarsanya. Biasanya antara 6 bulan atau 2 tahun.

Setelah tanggal kedaluwarsa, perusahaan obat gak mau menjamin bahwa segalanya akan baik-baik saja.

maranaaz.gov

Menurut Bellottiem, memang tanpa uji lebih lanjut, akan sulit mengetahui apakah obat kedaluwarsa tersebut akan masih berfungsi dengan baik atau gak. Namun saran dari para peneliti, ada baiknya meminta pendapat ahli farmasi tentang obat kedaluwarsa yang akan kamu tenggak.

Baca juga: Kenapa Tissue Jenisnya Banyak, Padahal Fungsinya Hampir Sama Semua?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya