NASA Rilis Video yang Tunjukkan Keelokan Bulan, Keren Banget!

#SainSeru Lihat bulan dari dekat nih!

Baru-baru ini, NASA merilis sebuah video misi penjelajahan bulan yang telah dilakukan sejak Juni 2009 oleh Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO). Dalam video berdurasi 4 menit 57 detik tersebut terlihat sisi lain dari bulan yang belum banyak diketahui oleh publik. Melansir newatlas dan NASA, video tersebut berisi dokumentasi tentang penemuan-penemuan yang diperoleh NASA selama 9 tahun masa penelitian.

1. Bulan merupakan objek penelitian favorit para astronom

NASA Rilis Video yang Tunjukkan Keelokan Bulan, Keren Banget!tech2.org

Bulan merupakan salah satu objek favorit para astronom untuk diteliti karena bulan sangat berperan penting terhadap kehidupan di bumi. Selain menjadi sumber pencahayaan bumi saat malam hari dan penentu pasang surut air laut, bulan juga dapat membantu peneliti untuk mengungkap proses evolusi sistem tata surya.

Selama NASA menjalankan misi eksplorasi bulan, para astronot telah mengumpulkan banyak data visual mengenai kondisi geologi bulan, antara lain lokasi pendaratan misi Apollo 17 di lembah Taurus-Littrow, kawah Tycho, dataran tinggi Aristarchus, lembah South Pole-Aitken, lembah Orientale, dan beberapa spot lainnya.

2. Sempat ada larangan bagi agensi antariksa untuk pergi ke bulan

NASA Rilis Video yang Tunjukkan Keelokan Bulan, Keren Banget!newatlas.com

Misi penjelajahan bulan sudah berlangsung sejak lama. Pada era 1960-an hingga awal 1970-an saja tercatat telah ada 12 astronot yang berhasil mendarat di bulan. Tetapi, pada tahun 1972 tepatnya setelah peluncuran misi Apollo 17 sempat ada larangan eksplorasi berbasis robot.

Hal ini tentu berdampak keras terhadap perkembangan pengetahuan seputar satelit bumi di masa itu. Namun, tidak lama berselang larangan itu dicabut dan misi ekplorasi bulan dapat dilakukan kembali hingga sekarang.

3. Ada banyak penemuan penting yang termuat dalam video

nr5Pj6GQL2o

Misi eksplorasi yang berlangsung selama 9 tahun ini menghasilkan beberapa temuan penting, seperti adanya indikasi bahwa 22 persen permukaan kawah Shackleton tertutup es, ada banyak asteroid dan komet yang menghantam permukaan bulan dan menghasilkan 180 lubang kawah baru yang berdiameter minimal 10 meter, serta adanya kemungkinan untuk menjadikan air es sebagai salah satu komponen bahan bakar roket.

Guna mengembangkan misi eksplorasi selanjutnya, kini agensi-agensi antariksa sedang mencoba untuk menciptakan robot pekerja yang dapat membantu proses pembuatan konstruksi bangunan di bulan.

Gimana, bagus gak videonya? Ternyata sudah banyak lokasi di bulan yang diteliti dan diberi nama-nama unik. Kira-kira lokasi bulan mana lagi yang akan diteliti? Kita tunggu saja seri video selanjutnya!

Andes Septa Photo Verified Writer Andes Septa