Kenapa Baju Hitam Membuat Lebih Kurus Daripada Baju Berwarna?

Tahukah kamu alasan ilmiahnya?

Kenapa Baju Hitam Membuat Lebih Kurus Daripada Baju Berwarna?wsj.com

Sebagian besar dari kamu disadari ataupun gak, pasti memiliki baju berwarna hitam relatif lebih banyak dibanding warna lainnya. Entah itu karena kamu memang suka warna hitam atau karena kamu suka dengan efek warna hitam, yang katanya membuat lebih kurus. Benarkah? Simak penjelasan ilmiahnya di sini!

Ada efek ilusi optik pada saat mengenakan pakaian berwarna hitam.

i2-0e1e02a2bcf9bb1b58b546ea75498d3e.jpgpinterest.jp

Teorinya, pakaian berwarna sangat gelap akan membuat garis tubuhmu lebih gak terlihat di cahaya redup dan warna hitam akan membuatmu "hilang" menyatu dengan latar belakang. Siluet yang ditimbulkan pakaian warna hitam akan lebih "aman" untuk dinilai bagus oleh orang yang melihatnya.

Secara hukum fisika, efek khas pakaian hitam terjadi akibat pencahayaan.

i6-9bd998630cd701e81ee95bf4c1f298f4.jpgcommons.wikimedia.org

Menggunakan warna hitam akan menyerap cahaya dan gak memantulkannya seperti warna cerah. Warna cerah akan membuat suatu objek tampak lebih lebar karena ia memantulkan semua cahaya yang datang padanya. Sehingga pada warna hitam, baik itu bagian terpapar cahaya, bagian bayangan atau bagian kusut di baju pun akan lebih gak kelihatan daripada jika warnanya cerah. Hitam akan menimbulkan garis tubuh yang lebih rapi.

Baca juga: 10 Stereotipe Laki-laki & Perempuan Ini Ternyata Dibenarkan Ilmiah!

Ada efek psikologis yang muncul ketika kamu mengenakan pakaian berwarna hitam.

i4-49b3395abd6d8e184b50ff5e38650d75.jpgbrioni.com

Pakaian sangat gelap/hitam identik dengan keseriusan atau berduka. Sehingga mengenakan pakaian hitam akan memberimu kesan gak bisa terlalu diremehkan atau dibuat bercanda. Efek psikologis ini akan membuat lawan bicaramu lebih menyeganimu dan fokus berinteraksi denganmu, tanpa terlalu memandang bentuk tubuhmu.

Efek warna hitam berlaku pada semua objek, gak hanya pada pakaian.

i5-a67ca5a9471056f629840ebc53cd0176.jpgid.pinterest.com

Berlaku baik untuk perabotan, kain, kasur, cat dinding/rumah dan semuanya yang bisa kamu lihat. Garis, bentuk dan pembatas menjadi tersamarkan ketika objek tersebut berwarna hitam. Sedangkan jika warnanya cerah, semua akan jelas terlihat. Sehingga warna hitam akan menyamarkan semua garis dan sudut, termasuk lekuk tubuhmu. Kamu pun terlihat lebih kurus.

i3-8d97ecb40158ba926facb1e1c0aedcc6.jpgblog.tefal.co.uk

Nah, berapa banyak kamu memiliki baju atau celana berwarna hitam? Tapi bukan berarti kamu harus ketergantungan dengan warna hitam ya. Pakailah apa yang kamu suka dan buatmu nyaman. Tetap saja penilaian orang gak harus menjadi pikiran kecuali itu mampu membangun dirimu.

Baca juga: 12 Alasan Ilmiah Kenapa Kamu Harus Sering Traveling ke Alam

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI