9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigi

Bukan sekadar hewan liar jalanan

9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigipets4homes.co.uk

Pemilik kebun selalu dianjurkan untuk menemukan cara terbaik dalam menghentikan siput datang dan mengunyah tanaman mereka. Penelitian terbaru menemukan bahwa jika kamu memindahkan mereka sejauh sekitar 20 meter dari kebunmu, mereka gak akan kembali.

Cara yang sering digunakan adalah dengan menggunakan umpan kimiawi. Terlepas dari anggapannya sebagai hama, ada 9 fakta tentang siput yang mencengangkan dan perlu kamu tahu! Yuk simak penjelasannya.

1. Hewan yang bisa berumur panjang jika dibandingkan binatang lain.

9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigiweeklytimesnow.com.au

Lama hidup siput tergantung pada tiap jenis spesies spesifiknya dan di habitat mana tempat mereka tinggal. Beberapa hanya bisa hidup selama 5 tahun. Sedangkan jika cukup beruntung, ada yang bisa hidup hingga 25 tahun.

2. Ternyata siput juga punya kaki. 

9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigibsnscb.com

Mungkin siput memang terlihat hanya bergerak meluncur dengan satu kaki. Namun ternyata ada satu otot panjang utama di bagian terdepan yang mereka gunakan untuk menggenggam dan menarik badan mereka di atas permukaan tanah.

3. Hewan yang gak beracun? Yakin?

9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigigr8-white.com

Spesies siput air sebagian besar beracun tapi sebagian besar siput darat tidak. Kalau kamu sakit setelah memakan siput darat, kemungkinan karena cara masaknya gak benar atau kamu memiliki alergi tertentu. Siput kerucut laut adalah salah satu hewan paling mematikan di dunia. Hanya dengan satu sengatan bisa menyebabkan kematian.

4. Saling mendukung sesama siput lain untuk bergerak lebih cepat.

9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigiwall.alphacoders.com

Lendir yang ditinggalkan siput di tanah itu akan melicinkan tempat berjalan mereka dan membiarkan mereka meluncur dengan gesekan seminimal mungkin. Dengan fungsi tubuh ini pun, siput sering terlihat berjalan bersama dan membentuk jalur untuk saling mempercepat jalan siput lainnya melalui lendir yang mereka tinggalkan.

Baca Juga: Virus Itu Makhluk Hidup atau Apa Sih? Ini Jawaban Ilmiahnya!

5. Hewan yang super selaw.

9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigigizmodo.com.au

Terlepas dari lendir yang membuat mereka bergerak lebih cepat, sudah bukan rahasia bahwa siput adalah salah satu hewan terlambat di dunia. Mereka biasanya bergerak dalam kecepatan yang stabil tapi bisa mencapai kecepatan sekitar 46 m/jam atau sekitar 1,3 cm/detik.

6. Kamu bisa memakan lendir yang ditinggalkan siput.

9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigispirit-animals.com

Ya, kamu bisa memakan lendir yang ditinggalkan oleh siput. Ada mitos yang beredar bahwa lendir siput menyebabkan makanan jadi gak bisa dimakan. Namun ternyata dengan penanganan yang benar, lendir ini bisa dimakan kok. Beberapa penelitian menemukan bahwa lendir siput ini bermanfaat untuk mengatasi sakit maag atau tukak lambung.

7. Hampir gak punya daya penglihatan apalagi pendengaran.

9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigipixabay.com

Siput hampir sepenuhnya buta dan gak punya mekanisme pendengaran sama sekali. Dengan kekurangan ini, mereka punya kemampuan penciuman yang luar biasa. Mereka bahkan bisa mencium keberadaan makanan sejauh beberapa meter, yang untuk hewan ukuran mereka itu termasuk jarak yang jauh.

8. Kalau pergi ke dokter gigi, biaya untuk siput pasti super mahal sekali.

9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigimagnoliabox.com

Kamu mungkin gak terpikir saat melihat siput, tapi mereka memang memiliki gigi. Rata-rata siput kebun mempunyai 14.000 gigi. Gigi tersebut digunakan untuk mengerat dan memotong makanan. Gigi-gigi tersebut teratur secara baris-berbaris dalam bentuk radula. Radula umumnya memiliki 120 baris dengan kumpulan 100 gigi masing-masingnya, untuk yang giginya berjumlah 12.000. Beberapa spesies bahkan memiliki 20.000 gigi. Peletakan gigi dan bentuknya bervariasi tiap tipenya.

9. Ada cara pemusnahannya yang unik melihat potensinya sebagai hama pertanian.

9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigigoldrhapsody.com

Ada fakta unik tentang siput di Florida dalam pembasmian siput besar sebagai hama, yaitu dengan menggunakan bantuan anjing labrador. Sebanyak 128.000 siput tertangkap dalam program tersebut. Menurut Richard Gaskalla, kepala industri pertanian dalam Florida Agriculture Department, Labrador sangat jago dalam berburu siput Afrika raksasa.

9 Fakta Tentang Siput Ini Mencengangkan, Punya Kaki dan 14 ribu Gigiclickhole.com

Nah, jadi sudah tahu kan sekarang mengenai fakta tentang siput. Siput bukan sekedar binatang jalanan yang lebih sering muncul saat musim hujan? Untuk hewan lainnya yang juga ingin kamu ketahui faktanya, sebutkan saja di kolom komentar ya! Saatnya mengenal alam dan seisinya lebih dekat.

Baca Juga: Akhir Debat Telur atau Ayam Duluan: Begini Jawaban Ilmiahnya!

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI