Memang gak ada satupun hewan yang bisa menyelesaikan ujian kalkulus rumit ataupun menulis essay yang menakjubkan, tapi bukan berarti mereka tidak punya kecerdasan yang luar biasa. Beberapa spesies dunia hewan bahkan membuat para ahli takjub dengan kemampuan kognitif dan otak mereka. Dilansir dari popsci, inilah daftar 7 hewan terpintar di dunia menurut para ahli!

1. Simpanse

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!bbc.com

Banyak yang berpikir bahwa simpanse adalah “saudara terdekat” kita yang masih hidup. Diteliti bahwa kita berbagi hampir 99 persen DNA yang sama dengan mereka. Selain DNA, ternyata mereka mendapatkan beberapa bagian kemampuan otak kita juga. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2007, para ahli memberikan simpanse dewasa, simpanse remaja, dan mahasiswa tes kognitif yang sama. Ujian itu melibatkan mengingat daftar angka, dari 1-9, yang ditampilkan di monitor layar sentuh.

Simpanse dan manusia sama-sama melihat angka di lokasi mereka kurang dari satu detik. Kemudian mereka diminta untuk mengingat di mana angka-angka itu dan menunjukkannya kepada para peneliti. Primata dewasa dan manusia melakukan hal yang sama. Namun, simpanse-simpanse muda membuat mereka terasa gak ada apa-apanya. Mereka mengingat setiap lokasi nomor dengan akurasi yang jauh lebih baik. Para peneliti berpikir bahwa simpanse-simpanse muda ini menggunakan jenis memori fotografi, yang memungkinkan diri mereka mengingat gambar dengan akurasi yang sangat tinggi, bahkan walaupun mereka hanya meliriknya selama sepersekian detik.

2. Kambing

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!largestfastestsmartest.co.uk

Para ilmuwan telah lama berpikir bahwa kambing jauh lebih pintar daripada perilaku dungu mereka biasanya. Akhirnya, sekelompok peneliti di Australia memutuskan untuk menempatkan hewan-hewan lumbung ini untuk diuji. Untuk melakukannya, mereka menyiapkan alat yang menahan buah di ujungnya. Untuk mengakses camilan yang lezat, kambing harus menggunakan gigi mereka untuk menarik tali ke bawah, yang mengaktifkan tuas, yang harus mereka angkat dengan mulut mereka. Jika mereka bisa mengetahui semua itu, buah itu milik mereka.

9 dari 12 kambing sukses menjalani tugasnya setelah sekitar 4 kali mencoba. Ketika para peneliti “menyuruh” semua kambing mencoba lagi 10 bulan kemudian, mayoritas masih ingat bagaimana cara kerja sistem yang diberlakukan.

3. Gajah

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!africa.cgtn.com

Siapa pun yang berinteraksi dengan gajah tahu bahwa hewan-hewan ini sangat pintar. Tapi seberapa pintar mereka? Para ahli telah melakukan banyak penelitian tentang hal ini. Orang menemukan bahwa gajah dapat memahami perbedaan antar bahasa dan apakah seorang pria, wanita, atau anak sedang berbicara.

Bagaimana mereka tahu? Di Afrika, hanya suku-suku tertentu yang memburu gajah. Para ahli memutar rekaman grup yang memburu mereka dan yang tidak. Ketika gajah mendengar rekaman kelompok pemburu gajah, mereka menjadi takut dan menjauh dari tempat suara itu berasal. Ketika mereka mendengar bahasa kelompok yang tidak memburu mereka, mereka tidak bergerak atau mengubah disposisi mereka. Kemudian, peneliti memutar rekaman bahasa yang membuat mereka takut, tetapi termasuk wanita, anak-anak, dan pria. Gajah-gajah hanya menjadi takut ketika suara itu berasal dari laki-laki, karena mereka yang melakukan perburuan.

Baca juga: 5 Kekuatan Super Ala Komik Ini Benar-benar Dimiliki Hewan

4. Lumba-lumba

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!factretriever.com

Salah satu cara yang dilakukan para ilmuwan untuk mengukur kecerdasan adalah tes pengenalan diri di cermin. Tujuan tes ini adalah untuk menentukan apakah seekor hewan dapat mengenali diri mereka sendiri di depan cermin. Untuk mengetahuinya, para ilmuwan memberikan tanda berwarna pada tubuh hewan. Kemudian mereka menempatkan mereka di depan cermin. Paling sering, jika binatang mengenali diri mereka sendiri, mereka akan menunjukkan tanda-tanda mencoba menghapus tanda dari tubuh mereka, seperti menggores atau menggosoknya.

Banyak hewan tidak lulus tes ini. Ketika mereka melihat bayangan mereka di cermin, mereka berpikir itu adalah hewan lain dari jenis mereka, dan melarikan diri, mencoba untuk melawan ataupun menakut-nakuti hewan asing itu.

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!plus.google.com/JohnHaydon

Ketika para peneliti menempatkan tanda pada lumba-lumba, makhluk akuatik menyelidiki noda-noda dalam pantulan diri mereka. Dengan kata lain, mereka tahu tanda itu milik mereka dan bukan hewan lain. Mereka tahu lumba-lumba yang tampak di cermin adalah mereka sendiri.

5. Burung gagak

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!journalistate.com

Sulit membayangkan bahwa burung gagak dapat menjadi sepintar kita, atau bahkan lebih pintar. Tetapi para ilmuwan telah melakukan serangkaian penelitian yang membuktikan bahwa mereka mungkin sama baiknya, atau lebih baik dari kita, dalam memecahkan masalah. Dalam sebuah penelitian, para ahli memberi gagak dan manusia teka-teki yang sama: sebuah mainan mengapung di atas air di dalam gelas yang tinggi, terlalu sempit bagi burung untuk meraih dasar menggunakan paruhnya maupun bagi seorang anak kecil untuk menempatkan tangan mereka ke dalam.

Anak-anak yang lebih muda dari 8 tahun benar-benar bingung, dan umumnya tidak dapat menemukan cara untuk mendapatkan mainan tersebut. Namun gagak tidak bingung sama sekali. Mereka hanya menjatuhkan kerikil ke gelas sempit tersebut. Akhirnya batu-batu mendesak air di bagian bawah gelas sehingga mainan itu naik ke atas, dan burung-burung gagak dapat dengan cepat mengambilnya.

6. Lebah

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!modernfarmer.com

Lebah lebih dikenal karena sengatan mereka dan madu yang dihasilkan. Tetapi mereka juga makhluk kecil yang sangat cerdas. Para peneliti mengajarkan lebah untuk mengidentifikasi yang mana garis horizontal di antara yang vertikal. Ketika mereka mendapat jawaban yang benar, mereka menerima hadiah gula/sirup.

Masalahnya, para peneliti hanya mengajari mereka bagaimana mengidentifikasi apakah suatu garis horizontal berada di atas atau di bawah. Jadi, ketika para peneliti menunjukkan garis-garis vertikal, lebah-lebah itu terbang begitu saja. Mereka tahu tidak ada cara untuk mendapatkan makanan lezat yang dijanjikan sebagai hadiah.

7. Gurita

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!digitaltrends.com

Sebagian besar invertebrata tidak memiliki tingkat kecerdasan selevel makhluk satu ini, menurut para ahli. Dalam salah satu penelitian, para ahli menguji apakah makhluk itu akan dapat membedakan antara 2 orang yang berbeda.

Mereka dihadapkan 2 individu yang berinteraksi dengan gurita, dengan salah satu bertindak sangat ramah dan yang lain bertindak dingin dan angkuh. Setelah beberapa saat, ketika kedua orang itu memasuki area tempat tinggal mereka, gurita akan mengabaikan yang angkuh demi orang yang lebih ramah.

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!thedailybuzzmag.com

Tuh kan, hewan aja tidak menyerah ketika dihadapkan suatu masalah dan rela belajar serta mencoba sampai bisa. Kita sebagai manusia yang seharusnya lebih serba bisa dibandingkan mereka jangan mau kalah dong dengan setiap masalah yang ada. Daftar hewan terpintar ini telah diduduki oleh spesies-spesies yang sama dalam waktu lama, yang berarti untuk sementara waktu, belum ada ya kemungkinan terjadi seperti di film Planet of The Apes. Jangan sampai deh!

Baca juga: Berikut Adalah 7 Hewan yang Dulunya Terancam Punah tapi Sekarang Gak!