Wow, Organisme Ini Makan Logam Beracun & Mengeluarkan Bongkahan Emas!

Bakal diburu banget dong?

Kalau melihat judulnya seakan seperti dongeng menjadi nyata ya? Padahal fenomena ini bukan dongeng semacam Jack and The Beanstalk yang unggasnya bisa menghasilkan telur emas, ataupun semacam Rapunzel yang rambutnya emas dan ajaib. Namun ini adalah fenomena ilmiah nyata, sebuah bakteri bisa menyerap kandungan tinggi logam beracun dan mengeluarkan emas dari itu, menghasilkan bongkahan-bongkahan emas kecil. Dilansir dari iflscience, berikut ini informasi lebih jelasnya!

1. Bakteri penghasil emas ini bernama biologis Cupriavidus metallidurans dan tinggal di tanah yang dipenuhi kandungan beracun

Wow, Organisme Ini Makan Logam Beracun & Mengeluarkan Bongkahan Emas!iflscience.com

Sebagaimana dilaporkan di Metallomics, sebuah grup peneliti internasional mengobservasi proses molekular yang memungkinkan terjadinya pembentukan emas biologis ini. Ternyata ini berkaitan dengan bagaimana bakteri tersebut menangani tembaga dan emas di dalam tanah.

2. Baik tembaga maupun emas itu sangat beracun dalam jumlah banyak, tapi bakteri ini membutuhkan tembaga untuk bertahan hidup

Wow, Organisme Ini Makan Logam Beracun & Mengeluarkan Bongkahan Emas!abc.net.au

Tanah yang dijadikan tempat hidup C. metallidurans tinggi kandungan racun logam berat, yang kemudian dikonversi oleh bakteri tersebut menjadi bentuk yang lebih mudah diproses. Kalau kandungan tembaganya terlalu banyak, bakteri ini bisa mengaktifkan enzim spesial, yang disebut CupA, yang bisa mengeluarkan semua kelebihan tembaga dan membuat bakteri itu tetap sehat.

Baca juga: Berikut Adalah 7 Hewan yang Dulunya Terancam Punah tapi Sekarang Gak!

3. Meskipun tinggi kandungan logam berat beracun, kondisi lingkungan ini merupakan yang terbaik untuk bakteri C. metallidurans

Wow, Organisme Ini Makan Logam Beracun & Mengeluarkan Bongkahan Emas!earth-chronicles.com

Pernyataan ini diungkapkan oleh Profesor Dietrich H. Nies, seorang ahli mikrobiologi di Martin Luther University Halle-Wittenberg. Menurutnya ada cukup hidrogen untuk menjaga persediaan energi dan hampir tidak ada kompetisi. Jika sebuah organisme memilih untuk bertahan hidup di sini, organisme tersebut harus menemukan cara untuk melindungi dirinya dari kandungan-kandungan beracun yang ada.

4. Namun proses yang lebih aneh terjadi ketika ditemukan kandungan emas di dalam tanah tempat hidup bakteri tersebut

Wow, Organisme Ini Makan Logam Beracun & Mengeluarkan Bongkahan Emas!econet.ru

Kandungan emas tembaga itu sangat amat beracun, jadi bakteri ini harus melindungi dirinya. Untuk melakukannya, enzim CupA dinonaktifkan dan mengaktifkan enzim lain yang disebut CopA. Enzim khusus ini akan mengubah kandungan tembaga dan emas menjadi bentuk yang sangat susah untuk diserap. Nies menjelaskan bahwa proses ini akan memastikan hanya sedikit kandungan tembaga dan emas yang memasuki bagian dalam sel.

Wow, Organisme Ini Makan Logam Beracun & Mengeluarkan Bongkahan Emas!hoshanarabbah.org

Bakteri ini tidak akan cukup teracuni dan enzim yang memompa tembaga keluar dapat membuang kelebihan tembaganya tanpa hambatan. Konsekuensi lainnya, kandungan emas yang susah diserap berubah di bagian luar sel, menjadi bongkahan-bongkahan emas kecil yang berukuran nanometer. Ya, walaupun berukuran nanometer, kalau dikumpulkan lumayan juga ya!

Baca juga: Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!