Siap Menjelajahi Mars, NASA Membuat Ban Anti Meletus

Membuat rencana jangka panjang demi mengetahui kehidupan di planet tersebut

Siap Menjelajahi Mars, NASA Membuat Ban Anti Meletusnasa.gov

NASA baru-baru ini membuat sebuah pernyataan mengejutkan, karena mereka telah menyiapkan sebuah tim untuk mengeksplorasi planet Mars. Walaupun belum memberikan tanggal pastinya, badan antariksa Amerika Serikat itu telah menyediakan segala hal yang dibutuhkan, termasuk kendaraan yang akan mereka dipakai.

Dilansir dari mirror.co.uk, mereka bahkan juga menyiapkan ban khusus agar perjalanan tersebut tidak akan terganggu oleh hal-hal minor semacamnya. Lebih lanjut, tim peneliti itu juga mengklaim jika ban yang mereka buat akan tahan dari berbagai macam medan, seperti yang dilansir Business Insider.

Bukan berasal dari bahan karet.

Siap Menjelajahi Mars, NASA Membuat Ban Anti Meletusbussinesinsider.sg

NASA Glen Research Center menjelaskan jika ban yang mereka buat tidaklah terbuat dari bahan pada umumnya. Biasanya, alat penggerak tersebut akan menggunakan bahan karet yang mana dipompa menggunakan angin.

Menurut pendapat mereka, elemen itu tidak akan mampu mengimbangi medan di Planet Mars. Komponen yang digunakan oleh ban buatan NASA adalah nikel dan titanium atau bisa disebut nitinol.

"Karakteristik dari dua material tersebut dapat menahan perubahan partikel sebuah benda menjadi lebih elastis," kata salah seorang peneliti seperti dikutip dari mirror.co.uk.

Tekstur permukaan tanah yang spesial.

Siap Menjelajahi Mars, NASA Membuat Ban Anti Meletussciencefriday.com

NASA kemudian menjelaskan jika struktur tanah di planet tersebut berbeda dari bumi. Karakteristik yang unik tersebut tidak bisa dilalui oleh mobil dengan ban biasa.

Oleh karena itu, ban dengan berbahan nitinol ini dianggap paling tepat digunakan di sana. Mereka juga telah mencobanya dengan menggunakan mobil off-road di segala medan. Bagaimana hasilnya? Roda penggerak tersebut dapat bertahan di segala intensitas jalan dan cuaca.

Siap mengeksplorasi Planet Mars?

Siap Menjelajahi Mars, NASA Membuat Ban Anti Meletusnasa.gov

NASA memang sangat menyadari pentingnya eksplorasi ke Planet Mars demi mengetahui apakah tempat tersebut dapat dihuni oleh penduduk bumi atau tidak. Oleh karena itu, mereka telah menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk meneliti setiap jengkal tanah di sana.

Untuk masalah ban, mereka juga berharap dapat menjualnya secara publik sehingga setiap orang dapat merasakan hebatnya roda yang terbuat dari bahan nitinol tersebut.

Fery Andriawan

Interested in writing and traveling. Check out my blog https://moneylesstraveler.blogspot.co.id/ Owner : @main_benang @fry_andr

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Indra Zakaria
EditorIndra Zakaria
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI