5 Planet Berbahaya Ini Akan Membuatmu Bersyukur Tinggal di Bumi

Makanya, kita harus jaga Bumi sebaik-baiknya.

Mungkin ada yang pernah membayangkan bahwa planet-planet lain memiliki keindahan alam yang tiada taranya, hewan-hewan lucu yang tidak dapat ditemukan di bumi, atau bahkan gravitasi yang memungkinkan kita terbang bebas! Pemikiran tersebut, beserta berbagai bencana alam yang sering terjadi di Bumi terkadang membuat planet kita ini terkesan tidak sempurna seperti yang dikatakan orang-orang.

Tetapi tahukah kamu bahwa ada planet-planet lain yang ternyata jauh lebih berbahaya dan mengerikan? Wah, memangnya seberapa menakutkannya sih mereka? Yuk, kita cari tahu!

Planet Badai Kaca.

5 Planet Berbahaya Ini Akan Membuatmu Bersyukur Tinggal di Bumihttp://www.mvrick.net

Jangan tertipu oleh rupa planet yang mirip dengan Bumi ini! Planet bernama HD189773b ini berjarak sekitar 63 tahun cahaya dari tata surya. Planet ini merupakan planet yang memiliki badai yang sangat berbahaya, karena badai di planet ini bukanlah sekedar angin dan hujan deras, melainkan serpihan-serpihan kaca! Kandungan silikat yang tinggi serta suhu planet yang melampaui 1000 derajat Celsius mengeraskan partikel silikat tersebut menjadi seperti kaca.

Terlebih lagi, serpihan-serpihan yang jumlahnya tidak terhitung tersebut bergerak dengan kecepatan lebih dari 6500 kilometer/jam, sehingga rasa sakit dari sayatan kaca-kaca tersebut tidak perlu diragukan! Bahkan tanpa badai sekalipun, kecepatan angin di planet ini ialah 8000 kilometer/jam, cukup untuk menerbangkan orang-orang yang mampu tiba. Dengan kondisi seperti ini, jelas planet ini tidak bisa dihuni.

Planet Gelap Gulita.

5 Planet Berbahaya Ini Akan Membuatmu Bersyukur Tinggal di Bumihttp://www.spitzer.caltech.edu

Takut kegelapan? Kita sering merasa takut ketika harus menelusuri koridor gelap, atau bahkan ketika mati lampu. Nah, bagaimana jika seluruh planet itu gelap gulita? TrES-2b merupakan planet berjarak 750 tahun cahaya dari Bumi yang sejauh ini dianggap sebagai planet tergelap yang pernah ditemukan. Planet sebesar Jupiter ini hanya memantulkan kurang dari 1% cahaya!

Hasilnya, planet ini bahkan lebih gelap dari warna hitam yang kita ketahui, dan satu-satunya warna yang ada selain hitam ialah warna merah akibat suhunya yang sangat tinggi. Atmosfer TrES-2b bersuhu 980 derajat Celsius, sehingga selain gelap, manusia akan terbakar hidup-hidup di sini!

Planet Terpanas.

5 Planet Berbahaya Ini Akan Membuatmu Bersyukur Tinggal di Bumihttps://www.nasa.gov

Kata 'panas' di planet ini bukanlah panas yang sekedar membuat kita berkeringat, melainkan panas yang mampu melelehkan kita semua. WASP-12b berjarak sekitar 870 tahun cahaya dari Bumi, dan berukuran hampir 2 kali lipat lebih besar dari Jupiter. Mengerikannya, planet ini memiliki suhu 2,200 derajat Celsius, yang dicatat sebagai suhu tertinggi suatu planet sejauh ini! Sebagai perbandingan, suhu lava pada umumnya ialah 700 hingga 1200 derajat Celsius. Kebayang, kan betapa panasnya planet ini?

Planet Penghancur Manusia.

5 Planet Berbahaya Ini Akan Membuatmu Bersyukur Tinggal di Bumihttp://beyondearthlyskies.blogspot.co.id

CoRoT-exo-3b merupakan planet seukuran Jupiter yang berjarak 2200 tahun cahaya dari Bumi. Meskipun ukurannya serupa dengan Jupiter, massa planet ini 20 kali lebih padat! Tingkat kepadatan ini membuat COROT exo-3b memiliki tekanan yang luar biasa tinggi, sehingga jika kamu mendarat di planet ini, berat kamu akan meningkat 50 kali lipat! Bukan hanya itu, tekanan planet ini mengakibatkan semua manusia yang tiba di planet ini akan merasa seperti ditimpa oleh gajah dewasa setiap saatnya. Dengan kata lain, begitu memasuki planet ini, manusia akan hancur.

Planet yang Memiliki Dua Sisi Mematikan.

5 Planet Berbahaya Ini Akan Membuatmu Bersyukur Tinggal di Bumihttp://www.astropt.org

Planet yang bernama CoRoT-7b ini tergolong unik, karena memiliki 2 sisi yang benar-benar memiliki suhu ekstrim yang berlawanan. Dengan jarak 400 tahun cahaya dari Bumi, satu sisi CoRoT-7b selalu berhadapan dengan bintang di dekatnya sehingga memiliki suhu sekitar 2000 derajat Celsius. Namun, sisi lainnya yang gelap tidak pernah berhadapan dengan bintangnya, dan sisi tersebut bersuhu -210 derajat Celsius (lebih dari dua kali lipat suhu lokasi terdingin di bumi)! Keunikan ini membuat CoRoT-7b memiliki 2 sisi yang menarik karena perbedaannya yang begitu kontras, namun sama mematikannya.

Pada akhirnya, meskipun terlihat cantik dan keren, planet-planet di luar bukanlah tempat yang aman. Kondisi lingkungan yang jauh berbeda dari Bumi dapat menghilangkan nyawa dalam hitungan detik atau bahkan secara instan! Mengerikannya, jika Bumi kita tidak dirawat dengan baik, kita akan kehilangan satu-satunya tempat tinggal yang sempurna bagi kita ini.

Sekarang, apakah kamu bersyukur tinggal di Bumi?

Frendy Photo Verified Writer Frendy

I am a passionate writer who wants to make the world a better place.

• Arifina Budi A.