Ini Daftar 7 Badan Penelitian Luar Angkasa Terbaik di Dunia

#SainsSeru Udah tahu belum?

Penelitian luar angkasa yang dilakukan oleh badan penelitian luar angkasa di dunia telah memberi manfaat bagi kehidupan dunia misalnya tentang perkiraan cuaca, kapan terjadi gerhana, asteroid yang mendekati bumi, dan penemuan-penemuan lainnya dalam tata surya.

Berikut adalah daftar 7 badan penelitian luar angkasa terbaik di dunia tahun 2018:

1. Nasa

Ini Daftar 7 Badan Penelitian Luar Angkasa Terbaik di Dunia.collectspace.com

Nasa adalah badan penelitian luar angkasa terbaik di dunia milik Amerika Serikat. Nasa didirikan pada tahun 1958 oleh Dwight Eisenhower. Misi paling populer yang pernah dilakukan oleh Nasa adalah pendaratan pewasat Apollo. Pengamatan yang dilakukan oleh Nasa tidak hanya sebatas pada bumi tapi juga sistem tata surya.

2. Russian Federal Space Agency

Ini Daftar 7 Badan Penelitian Luar Angkasa Terbaik di Duniasputniknews.com

Russian Federal Space Agency adalah badan penelitian luar angkasa miliki pemerintah Rusia pada tahun 1992. Biaya tahunan yang dikeluarkan untuk melakukan misi luar angkasanya sebesar $ 5,6 miliar. Misi luar angkasa Russian Federal Space Agency seperti permukaan Venus, pengiriman awak ke Mars, proyek uji Apollo, peluncuran berbagai macam satelit dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. European Space Agency

Ini Daftar 7 Badan Penelitian Luar Angkasa Terbaik di Duniacommercialintegrator.com

European Space Agency adalah milik gabungan 20 negara Eropa yang saat ini memiliki lebih dari 2.000 karyawan. European Space Agency didirikan pada tahun 1975, program penelitian yang dilakukan seperti eksplorasi ke berbagai planet, bulan, observasi bumi, telekomunikasi, pelayaran dan masih banyak lagi yang lainnya. Anggaran yang dihabiskan pertahunnya oleh European Space Agency adalah $ 5 miliar.

4. Japan Eurospace Exploration Agency

Ini Daftar 7 Badan Penelitian Luar Angkasa Terbaik di DuniaWikimedia.org

Japan Eurospace Exploration Agency didirikan pada tahun 2003 oleh pemerintah Jepang. Pertahunnya Jepang menggelontorkan dana sebanyak $ 2,6 miliar untuk penelitian luar angkasa. Proyek  pengamatan bumi yang dilakukan oleh Japan Eurospace Exploration Agency seperti satelit pengamatan tanah lanjutan, pemantauan karbon dioksida, observasi curah hujan.

5. Indian Space Research Organization

Ini Daftar 7 Badan Penelitian Luar Angkasa Terbaik di Duniasputniknews.com

Indian Space Research Organitation adalah badan penelitian luar angkasa milik pemerintah India. Indian Space Research Organization didirikan pada tahun 1969 dan telah berhasil menjalankan berbagai macam misi ke luar angkasa baik tingkat nasional dan internasional.

ISRO berhasil menjadi badan penelitian luar angkasa pertama di dunia yang  mengirimkan pesawat ruang angkasa ke orbit Mars dengan total pengeluaran termurah yaiti $ 75 juta pada tahun 2014. Pada bulan Februari 2017 ISRO mengirim 104 satelit ke luar angkasa dan berhasil mencetak rekor dunia.

6. China National Space Administration

Ini Daftar 7 Badan Penelitian Luar Angkasa Terbaik di Duniasputniknews.com

China National Space Administration didirikan di Beijing pada tahun 1983. Pertahunnya badan penelitian luar angkasa milik China ini mendapat pendanaan $1,3 miliar. CNSA berhasil mengirimkan 8 orang untuk melakukan berbagai misi perjalanan luar angkasa pada tahun 2012.

7. SpaceX

Ini Daftar 7 Badan Penelitian Luar Angkasa Terbaik di Duniateslarati.com

SpaceX menjadi badan penelitian luar angkasa yang populer dengan peluncuran roket murahnya. SpaceX berdiri tahun 2002, badan ini dibuat oleh Elon Mask memiliki tujuan untuk mengurangi biaya transportasi ke luar angkasa dan juga pengiriman manusia pertama ke planet Mars yang direncanakan pada tahun 2024 mendatang.

Perusahaan swasta ini telah memiliki banyak prestasi selama berdirinya seperti roket Propelan yang mencapai orbit pada tahun 2008, pengiriman pesawat luar angkasa ke ISS pertama pada tahun 2012, badan antariksa yang pertama kali menggunakan roket yang pernah diluncurkan sebelumnya tahun 2017.

Wah, kira-kira kapan ya badan antariksa kita bisa menjadi yang terbaik juga?

lia faiqotul muniroh Photo Verified Writer lia faiqotul muniroh