Terobosan di Dunia Medis Paling Menakjubkan Sepanjang Tahun 2017

Semoga bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa, ya!

Terobosan di Dunia Medis Paling Menakjubkan Sepanjang Tahun 2017henryschein.com

Dunia pengobatan selalu berkembang tiap waktunya. Para peneliti yang menekuninya, terus membuat inovasi supaya penyembuhan penyakit bisa lebih optimal. Berikut adalah penemuan-penemuan obat yang paling menakjubkan sepanjang tahun 2017.

1. Pengobatan Hepatitis C

Terobosan di Dunia Medis Paling Menakjubkan Sepanjang Tahun 2017http://www.lohud.com

Tanggal 3 Agustus 2017 lalu, FDA (U.S Food Drug Administration) mengumumkan bahwa mereka menyetujui penggunaan obat baru bernama "Mavyret" (nama generiknya glecaprevir and pibrentasvir) untuk penderita hepatitis C. Obat ini dikonsumsi selama 8 minggu untuk pasien hepatitis C dengan atau tanpa sirosis dan dengan atau tanpa penyakit ginjal.

2. Pengobatan Kanker Payudara

Terobosan di Dunia Medis Paling Menakjubkan Sepanjang Tahun 2017medical-marijuana.news

Tanggal 17 Juli 2017, FDA mengumumkan bahwa mereka menyetujui pemakaian obat baru bernama Nerlynx (nama generiknya: neratinib) untuk digunakan pada pasien penderita kanker payudara stadium awal.

Nerynx ini lebih ditujukan untuk mengurangi resiko sel kanker menyerang lagi. Kanker payudara HER2-positif adalah sel tumor yang agresif dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain bila tidak diantisipasi sejak awal.

 

3. Pengobatan penyakit parkinson

Terobosan di Dunia Medis Paling Menakjubkan Sepanjang Tahun 2017https://www.bezzia.com

Tanggal 21 Maret 2017, FDA menyetujui obat bernama Xadago (safinamide) digunakan sebagai pengobatan tambahan untuk pasien penderita parkinson yang memakai levodopa/ karbidopa dan mengalami episode "off". Episode "off" adalah saat ketika levodopa/ karbidopa tidak bekerja dengan baik dan menyebabkan timbulnya gejala parkinson seperti tremor. 

 

4. Pengobatan leukimia

Terobosan di Dunia Medis Paling Menakjubkan Sepanjang Tahun 2017http://doktersehat.com

Pada tanggal 30 Agustus 2017, FDA mengumumkan bahwa mereka menyetujui penggunaan Kymriah (CAR T-Cell therapy) untuk pengobatan leukimia lymphoblastic akut pada anak-anak dan dewasa muda. Pengobatan ini bekerja dengan mengarahkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel kanker darah.

5. Pengobatan HIV/AIDS

Terobosan di Dunia Medis Paling Menakjubkan Sepanjang Tahun 2017https://bereamail.co.za

Pengobatan HIV/AIDS sekarang, memungkinkan penderita hidup lebih lama, lebih sehat, walaupun tetap ada virus di dalam tubuhnya. Namun dalam sebuah artikel yang dimuat di Newsroom.ucla.edu yang dirilis 5 Oktober 2017, sebuah penelitian telah mengembangkan pendekatan baru untuk menghilangkan "reservoir" virus HIV. Terapi ini masih dikembangkan oleh ilmuwan di UCLA supaya dapat diaplikasikan pada manusia.

Meita Eryanti

Tukang cerita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Arifina Aswati
EditorArifina Aswati
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI