Bagi kamu yang sangat suka menonton film atau membaca sesuatu yang berhubungan dengan luar angkasa pasti bertanya-tanya dong bagaimana cara astronot makan jika mereka sedang berada di space station atau stasiun ruang angkasa. Atau mungkin kamu sangat penasaran apakah makanan mereka juga sama dengan kita yang berada di bumi.

Bila kita yang berada di bumi bisa makan apa saja seperti hamburger, roti, buah-buahan, mie instan, jus, dan lain-lain, lalu apakah para astronot bisa memakan itu semua? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, simak jawabannya di bawah ini.

Dilansir dari laman Spaceflight.nasa.gov, dalam artikelnya yang berjudul "Space Food", di sana diulas tentang beberapa makanan yang bisa dimakan oleh para astronot. Berikut adalah makanan yang bisa dimakan oleh para astronot.

1. Makanan yang alami

Wah, Ternyata Ini Lho Makanan yang Dimakan Astronot di Ruang Angkasafinedininglovers.com

Sama seperti kita yang hendak berpergian ke suatu tempat, pastinya kita akan mempersiapkan berbagai macam keperluan termasuk peralatan makan dan makanan itu sendiri. Astronot pun melakukan hal yang sama dengan menyiapkan berbagai kebutuhan yang akan mereka perlukan dalam menjalankan misinya.

Seperti kita yang ingin memakan apa saja, astronot pun menyiapkan makanan yang sangat bervariasi. Jadi jangan bayangkan bahwa astronot hanya memakan sereal kering. Beberapa makanan bisa dimakan dalam bentuknya yang alami seperti brownies dan buah. Makanan lain membutuhkan penambahan air seperti makaroni, keju, atau spaghetti. Tentu saja di luar angkasa juga disediakan oven lho.

2. Makanan yang dikemas dengan baik

Wah, Ternyata Ini Lho Makanan yang Dimakan Astronot di Ruang Angkasaseriouseats.com

Tidak seperti kita yang bisa meletakkan makanan di dalam kulkas, di luar angkasa sendiri tidak disediakan kulkas. Jadi, makanan harus dikemas secara baik untuk menghindari pembusukkan. Apalagi kalau misi yang akan dijalankan berlangsung lama. Tentu saja para astronot harus menyimpan makanannya dengan baik. 

3. Berbagai macam bumbu

Wah, Ternyata Ini Lho Makanan yang Dimakan Astronot di Ruang Angkasavice.com

Ternyata berbagai macam bumbu juga disediakan untuk para astronot. Tentu saja akan tidak enak dong jika para astronot hanya memakan makanan yang hambar. Apalagi jika mereka bertugas dalam jangka waktu yang tidak sebentar, tentu akan sangat membosankan.

Berbagai macam bumbu seperti kecap, mustard, dan mayones disediakan di sana. Sementara untuk garam dan merica disediakan dalam bentuk cair untuk menghindari berbagai resiko berbahaya yang bisa terjadi seperti penyumbatan ventilasi udara, pencemaran peralatan, atau yang lebih parah adalah masuk ke dalam mata atau hidung para astronot.

4. Vitamin dan mineral juga tersedia di stasiun luar angkasa

Wah, Ternyata Ini Lho Makanan yang Dimakan Astronot di Ruang Angkasaedition.cnn.com

Para astronot makan tiga kali sehari sama seperti kita yang terdiri dari makan pagi, makan siang, dan makan malam. Ahli gizi memastikan makanan yang mereka makan memberikan cukup persediaan vitamin dan mineral. 

Persyaratan kalori berbeda untuk astronot. Misalnya, seorang wanita kecil hanya membutuhkan sekitar 1.900 kalori per hari, sementara pria besar membutuhkan sekitar 3.200 kalori. Ada juga banyak jenis makanan yang bisa dipilih oleh astronot seperti buah-buahan, kacang-kacangan, selai kacang, ayam, daging sapi, makanan laut, permen, brownies, dll. Minuman seperti kopi, teh, jus jeruk, pukulan buah, dan limun.

Nah, apakah rasa penasaran kamu sudah terpuaskan? Ternyata astronot pun memakan makanan yang tidak jauh berbeda dengan kita ya guys.

Rianna Zheid

IG: @Riannazheid

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.