Waduh, Tidur Saat Pesawat Akan Lepas Landas Ternyata Berbahaya, lho!

Tahan rasa kantukmu dulu, ya...

Waduh, Tidur Saat Pesawat Akan Lepas Landas Ternyata Berbahaya, lho! independent.co.uk

Line IDN Times

Mungkin sudah menjadi hal yang biasa jika kamu tertidur saat berada didalam pesawat, apalagi jika kamu melakukan penerbangan yang cukup jauh, yang tentunya membuat kamu begitu lelah dan ingin tidur selama penerbangan. Namun, kebiasaan tidur saat berada didalam pesawat itu ternyata dapat berbahaya lho, terlebih jika kamu tertidur saat pesawat sedang lepas landas atau saat akan mendarat.

Perubahan tekanan udara bisa berbahaya bagi telinga.

Seperti dilansir dari laman Thesun, di saat pesawat sedang lepas landas kondisi tekanan udara di dalam kabin akan dengan cepat berubah, maka dalam kondisi tersebut diharapkan pula para penumpang dalam keadaan sadar atau tidak tertidur agar tak menimbulkan kerusakan pada gendang telinga.

Angela Chalmers seorang apoteker di Inggris menjelaskan, “Perubahan tekanan udara secara cepat di ketinggian akan berpengaruh terhadap tekanan udara di telinga. Hal ini yang menyebabkan vakum pada tuba Eustachius, yang membuat telinga berasa tersumbat. Cobalah untuk tidak tertidur saat lepas landas dan mendarat, karena saat tertidur kamu akan lebih sedikit menelan air liur, hal ini yang menyebabkan telingamu berasa tersumbat”.

Dapat menyebabkan permasalahan kesehatan lainnya.

Sementara itu, dilansir dari Readers's Digest, kondisi telinga yang seperti tersumbat tersebut dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, seperti gangguan pendengaran, infeksi telinga, pusing, kerusakan gendang telinga, dan hingga mimisan.

Karena hal itulah, para penumpang disarankan mengunyah permen karet ataupun sering minum air putih saat berada di pesawat, demi terhindar dari telinga yang tersumbat.

Riky Riduan

Jangan takut untuk memulai, hasil memang penting tapi proses jauh lebih penting

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI