Keajaiban melahirkan rasanya sudah sering kita lihat di film atau TV. Proses kelahiran itu sendiri bisa benar-benar membuat tubuh seseorang mengeluarkan segenap kekuatannya. Melahirkan adalah peristiwa individual. Banyak kemungkinan yang bisa terjadi saat seorang perempuan melahirkan. Mulai pup di ruang melahirkan, hingga orgasme saat melahirkan.

Jadi, hal apa saja yang mungkin terjadi pada seorang perempuan saat ia melahirkan?

1. Tak ada melahirkan normal yang tak sakit, jika bisa dideskripsikan, rasanya seperti 'disengat'

Hal-hal Menakjubkan yang Bisa Terjadi Saat Perempuan Melahirkanunsplash.com/@ahock

Jika bayi sudah mulai turun ke vagina, rasanya seperti disengat namun intens. Bayangkan kalau kamu sedang pakai baju model turtleneck, itulah sensasi saat kepala bayi keluar.

2. Tali pusar tak 'selembek' kelihatannya

Hal-hal Menakjubkan yang Bisa Terjadi Saat Perempuan Melahirkansciencenews.org

Biasanya keluarga diizinkan untuk memotong tali pusar bayi ketika sudah keluar. Tapi tali pusar tak selembek kelihatannya. Karena tali pusar memiliki tekstur kuat seperti tali karet yang tebal.

3. Kamu akan kehilangan sejumlah darah, dan itu normal

Hal-hal Menakjubkan yang Bisa Terjadi Saat Perempuan Melahirkanunsplash.com/@omarlopez1

Secara otomatis kamu akan kehilangan darah. Karena rahim akan membuka saat bayi mendesak keluar. Biasanya perempuan kehilangan sekitar seperdelapan dari total darahmu, dan itu tidak terlalu banyak. Jika saat menstruasi perempuan bisa kehilangan darah sekitar 250ml, melahirkan bisa dua kali lipatnya.

4. Bayi yang baru keluar akan dilapisi cairan yang licin

Hal-hal Menakjubkan yang Bisa Terjadi Saat Perempuan Melahirkanedition.cnn.com

Biasanya, dokter akan segera menempatkan bayi yang baru lahir di atas dada ibunya. Karena kontak skin-to-skin memiliki keuntungan fisik & emosional. Saat bayi baru keluar dari rahim, biasanya dilapisi oleh vernix, zat yang punya tekstur seperti krim keju yang kadang dianggap aneh bagi para ibu baru.

Vernix berfungsi untuk membantu bayi 'meluncur' keluar dari rahim, melindungi bayi dari air ketuban, membuat bayi tetap hangat, bahkan mampu melawan infeksi.

5. Sebagian besar ibu juga akan secara tak sengaja pup saat melahirkan

Hal-hal Menakjubkan yang Bisa Terjadi Saat Perempuan Melahirkanmothering.com

Semua kegiatan mengejan dan tekanan bayi di dalam perut membuat banyak perempuan pup saat melahirkan. Tak perlu malu, itu adalah peristiwa yang alami. Ditambah tenaga medis yang membantumu melahirkan sudah sangat terlatih akan hal-hal seperti ini. Sehingga tak perlu khawatir.

6. Perempuan juga bisa mengalami orgasme saat melahirkan

Hal-hal Menakjubkan yang Bisa Terjadi Saat Perempuan Melahirkanpopsugar.com

Orgasme saat melahirkan itu sangat mungkin, tapi bukan berarti semua perempuan mengalami. Proses melahirkan tentunya melibatkan kontraksi rahim dan orgasme juga sama-sama melibatkan kontraksi rahim. Maka tak menutup kemungkinan jika saat melahirkan seorang perempuan bisa mengalami orgasme.

Siantita Novaya

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.