Kenapa Tubuh Panda Berwarna Hitam dan Putih? Ini Jawabannya!

Hewan yang satu ini lain daripada yang lain

Kenapa Tubuh Panda Berwarna Hitam dan Putih? Ini Jawabannya!reference.com

Line IDN Times

Melihat tingkah laku panda yang lucu, siapa sih yang gak gemas? Gak cuma tokoh Po dalam film "Kungfu Panda" aja yang menggemaskan, tapi di kehidupan nyata, keluarga beruang ini juga punya keunikan yang gak dimiliki oleh teman-teman beruangnya.

Warna bulu panda berbeda dari bangsa mamalia lainnya.

panda-dream-09905271b1ef5d1f19673f6697af4806.jpgdreamstop.com

Warna bulu dan kulit hewan memang diciptakan bukan tanpa tujuan tertentu, misalnya karena faktor penyesuaian lingkungan habitatnya. Begitu pula dengan panda. Dibandingkan hewan mamalia lain yang warna bulu atau kulitnya kebanyakan kecoklatan atau abu-abu, panda justru punya warna bulu yang mencolok yaitu hitam-putih.

Para peneliti menggunakan pendekatan filogenetik atau pendekatan yang mempelajari dan menentukan hubungan evolusioner atau pola keturunan suatu kelompok organisme. Dari pendekatan filogenetik perbandingan, analisa para peneliti menemukan bahwa bagian wajah, tengkuk, punggung, pinggang, perut dan pantat panda berwarna putih disesuaikan untuk latar belakang habitat bersalju. Sedangkan bahu dan kaki berwarna hitam disesuaikan untuk beradaptasi di tempat yang lebih teduh.

Baca Juga: Human-Pig Hybrid: Organ Manusia Bisa Dihasilkan dari Babi

Lalu, kenapa telinga dan mata panda berwarna hitam?

warna-bulu-berbeda-5e449e57c1274bb53686ef28025dc73f.jpgnationalgeographic.com

Tanda pada telinga panda berwarna hitam, bukan untuk tujuan kripsis atau berkamuflase, melainkan untuk ber'komunikasi' dengan hewan-hewan yang berada dalam habitat yang sama dengannya. Para peneliti percaya bahwa tanda berwarna gelap pada telinga merupakan simbol keganasan. Sementara mata berwarna hitam menjadi bentuk pengakuan individu pada kawanannya.

Hingga saat ini, para peneliti masih belum menemukan alasan yang kuat soal warna bulu panda sebagai media untuk mengatur suhu tubuh mereka atau bahkan mengurangi silau mata. Warna bulu hewan ini unik karena mencocokkan latar belakang tempat tinggalnya yang berbeda-beda dan bagaimana mereka berkomunikasi satu sama lain menggunakan fitur wajah, termasuk warna bulu.

Nah, sudah gak penasaran 'kan kenapa warna bulunya Po ini hitam-putih? Hmm, sebetulnya masih penasaran sih, kenapa ya Po suka makan mie padahal harusnya panda lebih doyan makan bambu? Hihihi ...

Baca Juga: 8 Hewan Bertubuh Transparan yang Gak Nyangka Ternyata Ada di Dunia Ini

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI