Terbukti! Lari Adalah Cara Efektif untuk Mengingat Materi Pelajaran

Tutup buku, ambil sepatu larimu!

Terbukti! Lari Adalah Cara Efektif untuk Mengingat Materi Pelajaraninstagram.com/oliviajensen

Sebentar lagi musim ujian tiba. Setiap pelajar mulai mempersiapkan diri untuk belajar dan menghadapi banyaknya tugas yang harus diselesaikan jelang ujian akhir. Tapi seringkali karena makin banyaknya tugas yang harus dikerjakan dan mata kuliah yang harus dipelajari, bukannya malah mudah mengingat, kita jadi makin mudah lupa.

Gak perlu belajar dengan sistem kebut semalam (SKS) atau membuat catatan di kertas yang panjangnya bermeter-meter, karena yang kamu butuhkan cuma sedikit waktu dan sepatu lari kesayanganmu.

Ingin cepat dan tepat mengingat semua informasi yang sudah dipelajari? Berlarilah.

hd-f629f4ee543c8f542c124534c61b283c.jpgpicjumbo.com

Peneliti dari University of Applied Science Upper Austria menyebutkan, para pelajar harus melakukan latihan-latihan aktif seperti jogging atau berlari, daripada kegiatan pasif seperti main game. Ini dikarenakan saat berlari otak kita diajak untuk aktif mengelola informasi yang telah mengendap sebelumnya.

Penelitian ini dilakukan terhadap dua kelompok pelajar dan mahasiswa berusia 16 hingga 29 tahun, yang diminta untuk mempelajari rute peta sebuah kota hingga mengingat kosakata dalam bahasa Jerman dan Turki.

Setelah belajar, kelompok pertama diminta untuk bermain video game kekerasan, sementara yang lainnya diminta melakukan aktivitas di luar rumah, misalnya berlari. Hasilnya, para pelajar yang diberi kesempatan beraktivitas di luar rumah mampu mengingat informasi lebih akurat daripada yang hanya bermain video game di dalam ruangan.

Baca Juga: Ternyata, Rutin Jogging Gak Akan Menurunkan Berat Badanmu!

Mengapa hal ini bisa terjadi?

1-4ef4c97a5c615d8bf63180643421c5e3.jpgpixabay.com

Penyebab perbedaan daya ingat ini sebetulnya masihlah kompleks dan para peneliti masih berusaha untuk mencari penyebab spesifiknya, seperti yang ditulis oleh Dailymail.co.uk. Tetapi para peneliti percaya, hormon kortisol yang bertanggungjawab mengelola stress dalam tubuh manusia, punya pengaruh terhadap daya ingat dan memori.

Ada dua tipe stres yang dialami manusia, yaitu secara psikis dan fisik. Keduanya berhubungan erat. Berlari dan kegiatan-kegiatan yang mengutamakan fisik, mampu menjadi sarana pelepasan stres dan meningkatkan kemampuan mengingat. Sementara itu, bermain video game kekerasan justru membuat otak berfokus pada ancaman sehingga menolak informasi-informasi yang baru saja dipelajari.

Hmm, sudah tahu 'kan trik supaya bisa mengingat lebih banyak informasi saat ujian nanti. Yuk persiapkan dirimu dari sekarang.

Baca Juga: Simak 5 Kesalahan yang Kamu Lakukan Saat Belajar Bahasa Baru

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI