Beberapa tahun terakhir, sempat terdengar kabar jika ada perusahaan yang menawarkan jasa traveling ke luar angkasa. Salah satunya perusahaan Virgin Galactic yang akan membawa penumpang berkeliling di luar angkasa menggunakan pesawat.

Nah, sekarang ada perusahaan asal Amerika Serikat yang tidak hanya menawarkan jasa liburan melainkan juga bonus menginap di hotel luar angkasa yang diberi nama Aurora Station.

1. Aurora Station siap melayani tamu pertamanya pada 2022 nanti

Hotel Mewah Luar Angkasa 'Aurora Station' Siap Beroperasi Tahun 2022cnn.com

Perusahaan start up, Orion Span akan segera punya hotel di orbit bumi. Pembangunan konstruksi hotel Aurora Station akan dimulai tahun depan dan akan dluncurkan ke orbit pada akhir 2021.

Tepat pada 2022, hotel direncanakan siap untuk menerima tamu yang akan dijamu dengan pemandangan antariksa selama 12 hari. Frank Bunger, CEO dan Founder Orion Span mengatakan bahwa hotel tersebut dibangun untuk membuat luar angkasa menjadi accessible bagi semua orang.

Dengan total harga $9,5 juta atau sekitar Rp 130 miliar, Bunger mengklaim bahwa ini adalah biaya sewa kamar hotel dan perjalanan ke luar angkasa termurah dari semua biaya perjalanan ke luar angkasa yang pernah ada, melansir travelmarketreport.com.

2. Tamu hotel akan dibawa berkeliling orbit setiap 90 menit sekali

Hotel Mewah Luar Angkasa 'Aurora Station' Siap Beroperasi Tahun 2022huhmagazine.co.uk

Dilansir National Geographic, Hotel Aurora Station akan ditempatkan di area Low Earth Orbit dengan ketinggian 321 km di atas permukaan bumi. Ukuran hotel direncanakan akan sebesar jet pribadi dengan panjang 13 meter dan lebar 4 meter.

Aurora Station dapat menampung 4 orang tamu, dan 2 orang kru yang merupakan astronot berpengalaman. Tamu hotel akan diajak mengelilingi orbit setiap 90 menit dan akan melihat 16 kali sunrise dan sunset setiap 24 jam. Tamu hotel juga akan diikutsertakan dalam eksperiman menanam tanaman pangan di luar angkasa yang nantinya tanaman tersebut dapat dibawa pulang sebagai suvenir. Hotel ini juga menyediakan akses internet untuk livestream dengan keluarga yang ada di bumi.

3. Aurora Station bukan projek pertama, sebelumnya ada projek sejenis tapi mangkrak

Hotel Mewah Luar Angkasa 'Aurora Station' Siap Beroperasi Tahun 2022inhabitat.com

Orion Span bukanlah pencetus pertama peluncuran hotel ke luar angkasa, ternyata tahun 2007 silam pernah ada projek yang sama. Sayangnya, kini kabar dari projek bernama The Galactic Suite Project yang dirilis tahun 2007 tersebut tidak jelas.

Tidak ada yang tahu pasti bagaimana perkembangan dari projek tersebut karena website resminya sudah tidak melakukan update informasi lagi sejak 2014 terkait dengan The Galactic Suite Project. Padahal, pada tahun 2008 sudah ada 38 orang yang booking dan masuk di daftar tunggu, melansir newatlas.com.

Meski pernah ada projek hotel luar angkasa yang gagal, tapi tidak menyurutkan ambisi Orion Span untuk terus melanjutkan pembangunan Hotel Aurora Station. Pengerjaan konstruksi bangunan hotel akan dilakukan di Housten, Amerika Serikat dan direncanakan selesai dibangun dan siap diluncurkan tahun 2021 nanti.

Gimana guys, kalian tertarik? Walaupun diklaim harganya paling murah, tapi dihitung-hitung tetap saja mahal, ya. Kalau mau menginap di hotel ini harus siap menguras tabungan seumur hidup.

#SainSeru: Bonus 500 poin untuk setiap 3 artikel science dan green environment!

Andes

The Second of Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.