Jangan Pernah Langsung Berdiri Saat Bangun Tidur

Pelan-pelan, demi kesehatanmu!

Jangan Pernah Langsung Berdiri Saat Bangun Tidur eatthis.com

Line IDN Times

Bisa jadi kamu bangun tidur dan menyadari kamu sudah terlambat, entah itu untuk kerja, sekolah ataupun janjian. Apapun itu, bangun berdiri secara tiba-tiba dari tidur itu gak bagus untuk kesehatanmu dan harus kamu hindari. Kenapa? Berikut ini adalah alasan ilmiahnya!

Seperti dalam segala hal di hidup ini, tubuhmu perlu persiapan untuk bisa bangun.

Merasa pusing bahkan sampai bisa pingsan adalah akibat hipotensi orthostatik. Michael Rodney Osborne menjelaskan bahwa darah secara normal gak akan bisa sampai ke otak jika gak ada sistem pengaturan tekanan darah dinamis pada tubuh. Pembuluh darah terbentuk dari otot-otot kecil dan ketika kamu berdiri, semua pembuluh di kaki akan berusaha lebih keras untuk mendorong darah ke arah kepala. Jika kamu berdiri terlalu cepat dari posisi berbaring lama, kamu kurang memberi waktu tubuhmu untuk bereaksi. Sehingga menyebabkan pusing bahkan sampai pingsan.

Masalah yang sering terjadi adalah akibat tekanan darah rendah.

Berbaring dalam waktu lama apalagi sampai tertidur akan membuat aliran darah di tubuhmu rileks. Berdiri tiba-tiba akan mengagetkan pengaturan aliran darah tersebut. Ini akan semakin bermasalah ketika kamu sudah memiliki tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah dan ketidaksiapan reaksi akan membuat otakmu kekurangan asupan oksigen. Ini bisa berbahaya bagi tubuhmu jika terus-menerus terjadi.

Baca juga: 6 Virus Paling Mematikan di Dunia yang Disepelekan

Kebiasaan ini jika diteruskan akan menyebabkanmu alami vertigo posisional atau risiko kesehatan yang lebih parah.

Vertigo posisional adalah masalah bagian dalam telinga yang berhubungan dengan keseimbangan tubuh. Rasanya akan ibarat kamu merasa ruangan tempatmu berada berputar. Pusing adalah istilah umum, sementara vertigo adalah perasaan berputar yang gak terkontrol. Istilah lain untuk kasus ini adalah vertigo paroksimal. Ini bisa disebabkan karena perubahan posisi kepala tiba-tiba, sementara tubuhmu belum siap. Kekurangan oksigen pada otak karena berdiri tiba-tiba juga bisa menyebabkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular nantinya.

Yang perlu kamu lakukan adalah tidur dan bangun dalam kondisi serta cara yang benar.

Disarankan kamu tidur dengan cukup dan dengan penerangan yang sewajarnya, lebih bagus jika dalam keadaan gelap. Berapa lama pun kamu tidur, ketika terbangun membuka mata, kamu harus berdiam dulu setidaknya 5 menit (kamu bisa sambil meregangkan badan). Kemudian perlahan duduk di tempat tidurmu setidaknya 10 menit (kamu bisa sambil lanjut meregangkan badan),baru lah kamu bisa berdiri dan mulai beraktivitas. Minum air hangat setelah bangun tidur juga akan memperlancar peredaran darah di tubuhmu.

Jadi, sudah tahu risikonya kalau kamu bangun berdiri tiba-tiba dari tidur kan? Kurang-kurangi ya, dengan cara membuat hidupmu lebih teratur, agar gak perlu serba terburu-buru lagi. Demi kesehatanmu sendiri.

Baca juga: Ada 7 Tipe Pelupa di Dunia, Kamu Pasti Punya Salah Satunya

Read More
Tania Stephanie
EditorTania Stephanie
ARTIKEL REKOMENDASI