Banyaknya Mainanmu Saat Kecil Ternyata Berpengaruh Pada Kecerdasanmu

Punya mainan banyak? Jangan sombong dulu!

Banyaknya Mainanmu Saat Kecil Ternyata Berpengaruh Pada Kecerdasanmupartycity.com

Masa anak-anak adalah masa bermain, itu yang kita ketahui sedari dulu. Berbicara soal masa anak-anak, pasti gak luput dari berbagai macam mainan, baik itu yang tradisional maupun modern. Nah, tapi tahukah kamu bahwa semakin sedikit mainanmu saat kecil dulu, maka kamu akan semakin cerdas dan kreatif? Sebuah penelitian dilansir dari sciencealert menjelaskan alasan ilmiahnya!

1. Para peneliti dari University of Toledo di Ohio melakukan dua eksperimen dengan 2 kelompok anak balita

Banyaknya Mainanmu Saat Kecil Ternyata Berpengaruh Pada Kecerdasanmurcs.co.za

Salah satu kelompok diberikan 4 mainan saja. Sedangkan kelompok lainnya diberikan 16 mainan. Kemudian dengan diawasi, mereka diperbolehkan untuk bermain dengan semua mainan yang diberikan mereka, dalam waktu 30 menit. Jumlah anak balita yang ikut dalam eksperimen ini adalah 36 anak, berusia mulai 1-3 tahun.

2. Ada perbedaan signifikan dalam perilaku bermain anak yang diberikan mainan banyak dengan yang diberikan mainan sedikit

Banyaknya Mainanmu Saat Kecil Ternyata Berpengaruh Pada Kecerdasanmumommalew.com

Secara rata-rata, anak balita dalam eksperimen ini berinteraksi dengan 8.6 mainan yang tersedia jika mereka diberikan 16 mainan. Sedangkan anak balita kelompok satunya secara rata-rata berinteraksi dengan 3.1 mainan ketika mereka diberikan 4 mainan saja.

Baca juga: Menurut Penelitian, Kombinasi Buah Ini Justru Beracun Jika Dimakan!

3. Penelitian ini mendukung penemuan-penemuan sebelumnya, terutama yang menyebutkan bahwa anak akan cenderung lebih kreatif ketika diberikan pilihan yang lebih sedikit

Banyaknya Mainanmu Saat Kecil Ternyata Berpengaruh Pada Kecerdasanmuyoutube.com/Nursery Rhymes Songs

Semakin banyak mainan yang diterima oleh anak balita dalam eksperimen ini, maka semakin sering mereka berganti antara satu mainan dengan lainnya. Namun itupun gak membuat mereka memainkan semuanya, karena mereka merasa nyaman dengan banyak pilihan dan cenderung merasa aman. Sebuah sikap yang nantinya bisa dengan mudah meremehkan suatu hal karena dimanjakan oleh kebebasan pilihan yang banyak.

4. Anak yang bermain dengan jumlah mainan lebih sedikit memiliki kemampuan fokus dan konsentrasi yang lebih baik, serta lebih kreatif

Banyaknya Mainanmu Saat Kecil Ternyata Berpengaruh Pada Kecerdasanmufpf.org

Ini ditunjukkan oleh kelompok yang mendapatkan jumlah mainan sedikit, karena mereka cenderung bertahan dengan 1 jenis mainan yang sama dalam waktu lama. Mereka mengembangkan berbagai improvisasi yang tak terbatas dari mainannya selama waktu eksperimen berlangsung.

Banyaknya Mainanmu Saat Kecil Ternyata Berpengaruh Pada Kecerdasanmubrandview.com

Para ilmuwan dalam penelitian ini menyarankan agar pilihan mainan anak-anak boleh beragam dari waktu ke waktu, tapi lebih baik dibatasi jumlahnya dalam setiap kali main. Imajinasi dan kreativitas yang muncul dari memainkan sedikit mainan itu akan berguna dalam jangka panjang, sedangkan kebahagiaan atas mainan yang banyak itu hanya berlangsung sementara. Jadi silakan diputuskan sendiri lebih penting yang mana.

Baca juga: Tangan Pria Ini Menyentuh Logam Panas & Gak Terluka, Kok Bisa?

Read More
Tania
EditorTania
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI