Dunia kerja maupun pendidikan selalu dipenuhi dengan tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Di tengah menyelesaikannya, gak jarang kita merasa mengantuk atau capek. Banyak orang mengatasinya dengan kafein, minuman berenergi atau konsumsi kafein lainnya. Namun ternyata seperti dilansir dari sciencealert, ini 10 cara ilmiah terbaik untuk tetap melek tanpa kafein!

1. Minumlah air putih yang cukup

10 Cara Ilmiah Terbaik untuk Tetap Melek Tanpa Kafeinsecondwindwater.com

Mengalami dehidrasi akan menguras energimu banget. Kamu bisa jadi sangat kelelahan, kebingungan dan bahkan pingsan. Karena tubuhmu terdiri dari 60% air, selalu cukupkan minum air putihmu.

2. Melangkahlah ke luar ruangan

10 Cara Ilmiah Terbaik untuk Tetap Melek Tanpa Kafeinhealthywomen.org

Memaparkan dirimu sesaat pada cahaya matahari akan menjadi recharge energi yang efektif. Penelitian membuktikan bahwa paparan sesaat cahaya biru dari matahari akan membuatmu lebih awas dan berperforma lebih baik.

3. Menarilah sesaat atau berjalan santai

10 Cara Ilmiah Terbaik untuk Tetap Melek Tanpa Kafeinhealth.com

Aktivitas fisik seperti menari ringan atau naik turun tangga di tempat kerjamu bisa menjadi cara efektif untuk membuatmu melek. Aktivitas ini juga akan meningkatkan endorfinmu, yang tentunya dibari dengan perasaan euforia, yang berguna banget untuk bekerja.

4. Melakukan latihan nafas yang panjang

10 Cara Ilmiah Terbaik untuk Tetap Melek Tanpa Kafeinrecoveryranch.com

Karyawan yang relaks dan tenang akan lebih produktif. Aktivitas tersebut akan meningkatkan asupan oksigen dalam tubuhmu, yang juga meningkatkan sistem imun. Sehingga kamu lebih sehat dan kuat.

5. Mendengarkan musik yang pas

10 Cara Ilmiah Terbaik untuk Tetap Melek Tanpa Kafeinamreading.com

Musik yang kamu sukai bisa memberikan otakmu peningkatan performa yang tajam. Otakmu akan dipenuhi oleh dopamin, sebuah senyawa otak yang bekerja saat kamu mendapatkan kesenangan dan penghargaan.

Baca juga: Ternyata Ada Penderita Alergi Wi-Fi Lho! Apa itu Mungkin?

6. Mengunyah permen karet

10 Cara Ilmiah Terbaik untuk Tetap Melek Tanpa Kafeinnbcnews.com

Membuat mulutmu tetap sibuk dengan sesuatu juga bisa menjaminmu bisa melek. Mengunyah permen karet mampu meningkatkan sirkulasi dan mengaktifkan bagian-bagian tertentu di otakmu.

7. Melihat tingkah hewan-hewan lucu di internet

10 Cara Ilmiah Terbaik untuk Tetap Melek Tanpa Kafeinthespruce.com

Penelitian tahun 2012 membuktikan bahwa melihat tingkah laku hewan lucu yang sesuai seleramu (anjing, kucing, panda dan semacamnya) bisa membuat moodmu lebih baik. Dilaporkan oleh LiveScience, penelitian tahun 2015 bahkan menemukan bahwa aktivitas tersebut mampu meningkatkan level energimu dalam bekerja.

8. Lepaskan pandanganmu dari layar pekerjaanmu sesaat

10 Cara Ilmiah Terbaik untuk Tetap Melek Tanpa Kafeingreatives.eu

Sebanyak 95% orang kantoran mengalami gangguan penglihatan dari yang tingkatan paling ringan sampai berat. Kamu bisa meminimalkan risikonya dengan melihat ke arah lain sesaat, berkedip cepat, membenarkan posturmu dan memandang objek yang jauh setiap 20 menit sekali.

9. Memakan camilan yang sehat

10 Cara Ilmiah Terbaik untuk Tetap Melek Tanpa Kafeinhercampus.com

Tingkat gula darah yang rendah akan membuatmu kelelahan. Makan dalam jumlah besar juga akan memberikan efek yang sama. Kalau kamu menggantungkan pada kafein dan makanan manis, kamu mungkin akan bersemangat, tapi menjadi lebih lelah setelahnya. Makanlah cemilan bernutrisi dan sehat.

10. Jika cara-cara tersebut gak mempan, tidurlah sebentar

10 Cara Ilmiah Terbaik untuk Tetap Melek Tanpa Kafeinhuffingtonpost.com

Mungkin kamu memang benar-benar kelelahan dan butuh istirahat. Menyempatkan waktu 5-25 menit itu sudah cukup kok untuk membuatmu kembali berenergi. Malah itu merupakan pendongkrak energi yang terbaik. Jangan tidur terlalu lama, kamu akan lebih kelelahan dan tugasmu malah terbengkalai.

10 Cara Ilmiah Terbaik untuk Tetap Melek Tanpa Kafeinseedling.com

Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menahan kantuk, tanpa melibatkan kafein. Mudah kan? Coba saja ketika lain kali kamu mengalaminya lagi. Semua sudah terbukti secara ilmiah kok!

Baca juga: 7 Cara Ilmiah Sederhana untuk Menahanmu dari Keinginan Nyemil