Riset: Orang Pintar Lebih Mudah Terpengaruh Stereotipe

Pernah menemukan yang seperti itu?

Pernah menyadari jika kamu terlalu cepat men-judge seseorang berdasarkan stereotipe? Jika iya, kamu punya kepintaran/kemampuan kognitif lebih tinggi dibandingkan yang gak men-judge.

Penemuan ini dipublikasikan oleh New York University di Journal of Experimental Psychology: General. Mereka menemukan bahwa orang yang lebih pintar cenderung lebih menerapkan stereotipe sosial dalam penilaian mereka. Untuk lebih lengkapnya, baca di sini ya!

1. Kemampuan kognitif superior sering dikaitkan dengan hasil yang positif seperti pencapaian/prestasi akademik dan kesupelan dalam bersosial

Riset: Orang Pintar Lebih Mudah Terpengaruh Stereotipediversitydialogues.com

Itu disampaikan oleh David Lick selaku pemimpin penelitian dalam sebuah pernyataan. Meskipun begitu, penelitian ini menemukan bahwa kemampuan kognitif yang tinggi memiliki konsekuensi negatif – terutama, orang yang cepat menemukan pola pemahaman cenderung lebih cepat juga mengenal dan menerapkan stereotipe sosial.

2. Dalam penelitian ini, 1.257 orang diobservasi melalui alat survey “Mechanical Turk” milik Amazon

Riset: Orang Pintar Lebih Mudah Terpengaruh Stereotipetheodysseyonline.com

Ini adalah survey yang membayar mereka yang melakukannya dengan cara berkontribusi pada 6 eksperimen online yang dimaksudkan untuk menguji hipotesis penelitiannya. Salah satu jenis tesnya berisi wajah-wajah pria dengan lebar hidung berbeda dengan deskripsi perilakunya di masa lalu, misalnya: suka memberikan hadiah (baik) atau suka menertawakan orang berkebutuhan khusus (buruk).