Berapa Lama Air Putih Kemasan Akan Bertahan 'Sehat' Setelah Dibuka?

Hati-hati ya!

Berapa Lama Air Putih Kemasan Akan Bertahan 'Sehat' Setelah Dibuka? choice.com.au

Line IDN Times

Menurut Food and Drug Administration (FDA),air dalam kemasan komersil yang belum dibuka itu akan tetap aman selama tetap tertutup dengan benar dan gak rusak. Namun bagaimana setelah dibuka? Aman sampai berapa lama? Secara ilmiah telah diteliti sebelumnya!

Minum air putih kemasan sebaiknya hanya dalam kondisi benar-benar terpaksa.

Misalnya ketika gak ada pilihan lain selain air putih dalam kemasan. Atau beberapa orang punya kondisi tubuh khusus di mana ia harus menjaga tingkat sodium yang rendah. Meminum air putih kemasan terbukti mampu membantu treatment tersebut. Namun memang yang terbaik adalah konsultasi ke dokter dulu sebelum mengambil langkah untuk kondisimu masing-masing.

Air itu gak bisa kedaluwarsa, jadi kamu perlu tahu apa yang sebenarnya membuatnya gak layak minum setelah beberapa saat.

Plastik dan lingkungan lah yang bisa menjadi buruk. Seiring berjalannya waktu, plastik bisa hancur sedikit demi sedikit dan terurai ke dalam air. Ada 3 elemen pada air putih kemasan: air, udara dan botolnya itu sendiri. Penurunan kualitas tersebut lah yang menjadi pertimbangan penentuan tanggal kedaluwarsa. Air murni harusnya gak punya campuran kimia apapun. Jadi jika kamu menaruhnya dalam wadah kedap udara sampai triliunan tahun. Sedangkan udara memiliki berbagai kontaminan di dalamnya.

Baca juga: Penelitian Ini Memberi Gambaran Sengsaranya Hewan di Kurungan

Di udara terbuka, air putih kemasan yang sudah dibuka, akan bertahan selama 2-3 jam.

Sedangkan yang belum terbuka, air putih kemasan akan bertahan selama setidaknya 2 tahun, jika dibiarkan di udara terbuka. Kontaminasi bisa datang dari cahaya/suhu, paparan udara sekitar maupun bekas sebagian air yang sudah menyentuh bibir peminumnya. Pengamatan ini dilakukan pada kemasan dengan tutup dalam keadaan tertutup.

Di dalam kulkas, air putih kemasan yang sudah terbuka akan bertahan 3-5 hari.

Nah, kemasan yang belum terbuka, jika disimpan di dalam kulkas, akan bertahan setidaknya 2 tahun. Atau sampai masa kedaluwarsanya. Setidaknya begitu kamu merasa bahwa ada yang aneh dengan kondisi airnya, jangan diminum lagi. Daripada menimbulkan masalah yang berkepanjangan.

Kamu bisa menilai air putih kemasan itu telah dalam kondisi buruk jika ada 3 hal berikut: rasanya menjadi lain, baunya menjadi aneh dan adanya "embun" di dinding botol. Biasakan untuk peka merasakan makanan dan minuman sebelum benar-benar menelannya, karena risikonya akan menyerang kesehatanmu sendiri.

Baca juga: Berapa Lama Kamu Harusnya Bertahan di Bawah Sinar Matahari Terik?

Read More
Tania Stephanie
EditorTania Stephanie
ARTIKEL REKOMENDASI